Beberapa Tips untuk Meningkatkan Tinggi Badan

Ada banyak cara untuk menambah dan meningkatkan tinggi badan Anda, dari perubahan gaya hidup sederhana yang dapat membuat perbedaan dari waktu ke waktu. Jika Anda bertubuh pendek, ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk meningkatkan peluang Anda menjadi lebih tinggi. Berikut adalah beberapa tips untuk meningkatkan tinggi badan Anda:

Tidur yang cukup

Tidur yang cukup merupakan faktor penting dalam hal pertumbuhan tinggi badan. Kurang tidur akan menghambat proses pertumbuhan tinggi badan Anda dan juga dapat mempengaruhi hormon yang mengatur pertumbuhan dan perkembangan tubuh. Jika Anda orang dewasa, cobalah tidur sekitar 8 jam sehari. Jika Anda berusia di bawah 18 tahun, usahakan setidaknya 10 jam sehari.

Latihan peregangan

Latihan peregangan penting untuk meningkatkan tinggi badan. Ini harus dilakukan setiap hari, sebelum dan sesudah aktivitas fisik. Latihan ini dapat dilakukan dengan pasangan atau di depan cermin. Latihan peregangan membantu membangun kekencangan otot dan fleksibilitas tubuh, yang keduanya berkontribusi untuk menambah tinggi badan.

Asupan protein

Protein adalah salah satu kunci utama tips agar tinggi. Protein adalah komponen makanan yang penting dalam pertumbuhan tubuh Anda. Seiring dengan bertambahnya usia, tubuh Anda mulai kehilangan protein dan otot karena proses alami. Oleh karena itu, sangat penting bagi Anda untuk mengkonsumsi cukup protein untuk mempertahankan jumlah massa otot yang sehat.

Telah terbukti bahwa orang yang mengonsumsi lebih dari 120-gram protein per hari memiliki tinggi badan yang lebih besar daripada mereka yang tidak makan banyak protein. Jumlah ini dapat bervariasi tergantung pada seberapa aktif seseorang dalam kehidupan sehari-hari. Secara umum rekomendasi ini akan cukup bagi kebanyakan orang yang ingin menambahkan inci ke tubuh mereka secara alami tanpa harus mengkonsumsi suplemen atau obat-obatan yang berpotensi menyebabkan efek samping di kemudian hari.

Hindari soda, alkohol dan kopi

Hindari soda, alkohol dan kopi. Mereka bersifat asam, dan tubuh Anda akan melepaskan kalsium dari tulang Anda untuk memerangi keasaman. Kalsium dibutuhkan untuk pertumbuhan tulang yang sehat, jika Anda tidak mendapatkan cukup kalsium saat dewasa, tulang Anda mungkin menjadi lebih rapuh. Minum banyak air, air dapat membantu menghidrasi dan menjaga berat badan Anda.

Tinggi badan sebagian besar ditentukan oleh genetik, tetapi Anda masih dapat meningkatkan peluang Anda untuk tumbuh lebih tinggi dengan mengkonsumsi makanan agar tinggi serta minum susu yang kaya kalsium secara teratur, makan lebih banyak protein dan tidur yang cukup.

Pastikan Anda mendapatkan cukup protein dalam diet Anda. Rata-rata orang harus mengonsumsi sekitar 0,8-gram protein per kilogram berat badan setiap hari, orang yang ingin tumbuh lebih tinggi harus mencoba makan lebih dari jumlah ini. Ada banyak sumber protein yang sehat selain susu seperti dada ayam dan steak daging sapi tanpa lemak, ikan tuna dan salmon, kacang kedelai atau kacang almond, keju, telur, dan yogurt.

Jangan bergantung pada suplemen atau obat-obatan jika Anda ingin tumbuh lebih tinggi secara alami. Olahraga secara teratur seperti mencoba kegiatan hiking atau bersepeda, maka otot-otot baru akan cukup kuat untuk mendukung pertumbuhan tulang baru yang dihasilkan dari peningkatan tinggi badan yang dicapai.

Beberapa tips untuk menambah tinggi badan diatas umumnya akan lebih efektif jika dilakukan pada anak-anak dan remaja. Sementara itu, untuk menambah tinggi badan pada orang dewasa, cara tersebut mungkin tidak akan efektif. Guna menambah tinggi badan pada orang dewasa, cara yang terbukti efektif adalah dengan operasi.

This entry was posted in Uncategorized and tagged . Bookmark the permalink.